Tentang Takdir

Tentang takdir, tentang kekuasan atas keterbatasan setiap manusia. Tentang takdir, tentang batasan ikhtiar manusia terhadap kehidupannya. Tentang takdir, tentang perjuangan manusia untuk menjalankan hidup dan menerima hidup sebagai sebuah suratan kepastian yang datang dari-Nya. Tentang takdir, tentang persahabatan dari setiap yang berpasangan: kehidupan datangnya kematian, kekayaan yang silih berganti dengan kemiskinan, kekuatan yang menutupi kelemahan. Semua telah berpasangan sesuai dengan ketentuan-ketentuan-Nya.

Persoalan takdir, persoalan sebuah keyakinan akan diri manusia terhadap setiap kejadian dan peristiwa yang telah diputusakan-Nya. Takdir sebagai kehendak yang telah Dia berikan kepada manusia sebagai konsekwensi dari kehidupan yang dijalani. Keyakinan akan takdir akan membuat setiap manusia menjadai sadar bahwa di atas usaha-usaha manusia, ada kekuatan yang mengatur setiap urusan kehidupan, yakni Tuhan semesta alam. Meyakini takdir sepenuhnya menjadikan manusia lebih waspada, berjaga dan selalu siap dalam kondisi apapun.

Dalam takdir, semua dapat terjadi. Dalam takdir, semua berjalan dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan-Nya. Dalam takdir, semua menyadari bahwa akan terjadi sesuatu di luar dugaan kita. Takdir sebagai sebuah keputusan Tuhan membuat manusia menyadari bahwa langkah-langkah menuju ke arah yang manusia ciptakan harus diikhtiarkan, diusahakan. Keimanan kepada takdir akan membuah rasa ketundukan dan kesabaran pada kepastian hidup yang tidak abadi. Buah keyakinan akan takdir mengalir pada cahaya hati dan kemantapan hati.

Selamat menikmati takdir yang telah ditetapkan-Nya, sambil sesekali mengingat akan apa-apa yang telah kita perbuat dan kemudian menjadikan sebagai bahan refleksi diri. Jangan pernah menyesal pada setiap keputusan yang telah ditetapkan-Nya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s