Berhias pada Nilai-Nilai Diri

Untuk dapat terbang lebih tinggi perlu ada landasan yang kuat by El Darado Internaisonal Airport, Bogata

 sudah tidak menjadi relevan lagi bahwa kegagahan dan kecantikan semata tidak membuat seorang lantas menjadi berguna dan menduduki jabatan-jabatan tertentu. Tetapi kecantikan dan kegagahan menjadi instrumen kecil dari peri kehidupan. Ada hal yang lebih mendasar menjadi daya dorong dan penggugah orang lain dalam berbagai interaksi, dialah nilai-nilai diri (personal values atau self values).

Nilai diri inilah yang membuat seseorang menjadi terpandang. Di dalam nilai diri ini tersimpan jiwa rasa, karakter kehidupan dan prinsif-prinsif kemanusian.perhatikan saja bagaimana orang yang di dalam dirinya tumbuh dan berkembangnya nilai-nilai diri akan lebih menonjol, menjadi pusat perhatian dan selalu dinantikan. Mereka menonjol bukan dari kecantikan/kegagahannya atau tingkat strata yang dimilikinya, tetapi karena melekat pada dirinya jiwa rasa yang membentuk kebiasaan pribadi pada hidupnya. Tidak tegolek oleh lintas kehidupan atau pun orang lain. Mereka kuat pada prinsif dan karakternya, kuat pada paradigmanya sehingga menjadi pribadi yang beraura.

Nilai-nilai pribadi itu sejujurnya telah tumbuh sejak awal ketika kita masih kanak-kanak, menjadi tradisi yang terus dibiasakan hingga benar-benar mengkar dalam keperibadian. I tumbuh bersama pengetahuan luar yang kita dapatkan dan terus kita pahami. Selain itu, ia datang dari dalam diri kita masing-masing. Tentang nilai diri ini, sebuah statmen hukum keterujian menyebutkan bahwa “mereka yang cepat naik laju karirnya adalah mereka yang memiliki landasan diri yang bagus dalam bekerja dan mampu mengharmonisasikan nilai-nilai dirinya dengan organisasi tempat ia bekerja”.

Bagi seorang mahasiswa, ia membawa nilai dirinya masing-masing kemudian dapat merespon kondisi lingkungannya akan membuat ia menjadi mahasiswa yang tangguh dan cekatan dalam setiap intneraksi dan komunikasi yang dibangun.

Selamat menemukan nilai-nilai pribadi dalam kehidupanmu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s