Telaga Lestari Kehidupan

Beranda » Bahasa Sastra » Bahasa dan Kebahagian Hidup

Bahasa dan Kebahagian Hidup

Kategori

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.716 pengikut lainnya

Statistik Blog

  • 11,221 hits

Bahasa dan Kebagian Hidup

Judul itu terinspirasi dari buku “tafsir kebahagian: pesan al Quran menyikapi kesulitan hidup karya Jalaluddin Rakhmat pada sub bab-nya membahas khusus tentang “mengontrol bahasa”. menarik untuk dikaji selain berkaitan dengan jurusan saya juga bahasa sebagai pembuka ruang kehidupan.

Sebagaimana dijelaskan kang Jalal pada buku tersebut, bahwa peran bahasa sebagai pencipta kebahagian sangat penting. Menciptakan kebahagian dengan menciptkan bahasa-bahasa positif yang memberi bioenergi positif dalam pikiran kita.  jika bertemu dengan orang yang memiliki kebahagian, pada saat yang sama dia akan memberikan kita kata-kata positif yang membangun diri kita. kekuatan bahasa menjadi ruang gerak seseorang dalam membangun dirinya sendiri.

Semakin banyak kata-kata positif yang diucapkan seseorang, semakin terasa kebahagian yang dirasakan. Itulah kenapa orang-orang yang sering marah atau buruk sangka, biasa akan dipadati dengan kata-kata kasar dan pikiran-pikiran negatif. Semakin lama dia marah, akan semakin terkoleksi kata-kata negatif. Dan semakin dia pendam kemarahannya akan mengakar banyak kata-kata negatif dalam dirinya. Kebahagian dan ketakbahagian sebagaimana dikatakan kang Jalal berkaitan dengan cerita-cerita yang kita bangun sendiri. Mengontrol bahasa kita sendiri bagian dari cara kita menjaga diri kita. Karenanya, berada pada lingkungan yang yang setiap waktu dengan nuansa pekataan positif, akan memberi kekuatan mental dan prinsif. ***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: